Bromo & Malang September 2018

Jadi ceritanya saudaranya ivan itu ada yg mau merit di surabaya, td nya gw ga mau ikut krn males lah jauh2 buang2 duit pesawat aja mendingan nabung buat liburan yg bener.
Tp mendadak punya ide bisa sekalian ke bromo sm malang ya kan klo ke sby.
Pas tokopedia hr senin lg ada promo cashback 20% buat flight ticket, langsung kita beli sekitar h-3 minggu sblm tanggal pernikahan saudaranya itu.
Jkt sby 740rb kena kesbek 20% jd cuma 596rb
Sby jkt 490rb kesbek jadi cuma 410rb
Ya pp 1 juta pas lah soalnya lg long weekend jg, jd high season.

Pas sampe di sby, dr airport gw pesen gocar, kebetulan gw jg masih baru pake gopay jd dapet promo cm 42rb ke hotel luminor, tempat pestanya diadakan. Pestanya hari sabtu tp kita uda dtg pas hari jumat. Tp si driver gocar ini nelpon gw trus bilang klo dia ga bisa masuk area airport, krn di dalem airport itu di dominasi sm taksi2 airport. Taksi online ga bole masuk. Tp tau sendiri lah taksi airport pasti mahal bgt harganya, demi harga murah akhirnya gw nyeret2 koper dibawah terik matahari sejauh sekitar 600m-800m sampe ditanyain bapak2 TNI mau kmana, tp gw ga bisa bilang dijemput grab takut supir nya kena suspense atau denda jd gw blg aja d jemput temen. Akhirnya nyampe jg di hotel Luminor.
Selama hari jumat sampe minggu pagi kita gak keluar duid sm sekali kecuali buat beli eskrim 25rb
Soalnya ada nasi box buat makan siang, buffet breakfast setiap hari, malemnya jg gratis dibayarin sodara hehehe

Skip2 acara pernikahan, minggu pagi kita sewa mobil di omega car rent. Orangnya datang ke hotel buat anterin mobil. Kita sewa toyota calya matic seharga 275rb per hari. Tp karena kita nanti balikinnya lewat 2 jam kita kena overtime 50rb. Bayarin si abang balik pake gojek 14rb. Jd total 890rb.
Jam 10.30 pagi abis pamit2 ke saudara2nya lalu kita langsung meluncur ke bromo.

Kita lewatin pasuruan - bayeman lalu ke bromo. Pas lagi di jalan gw cerita2 dulu pernah keliling jawa dan makan sop buntut seharga 8000 rupiah dan dagingnya banyak bgt. Itu tahun 2001. Gw gak inget nama restorannya, akhirnya gw cari2 google ada nemu 1 restoran namanya restoran tengger tp gw gak yakin ini restoran yg sama sama yg dulu gw makan. Yg gw inget cm 1, lokasi restonya deket bgt sama gerbang selamat jalan kota pasuruan. Jd di deket perbatasan gitu.

Mobil terus melaju, tiba2 kita ngelewatin restoran tengger itu. Dan 50m dr resto itu ada gerbang selamat jalan!! Terus gw langsung puter balik dong, gw yakin 90% deh klo itu restoran yg sama. Sop buntutnya emg banyak bgt sih, 4 potong gede2 kenyang bgt. Tp skrg harganya uda 45rb dong. Ttp murah sih dibanding di jkt mah jauhh..makan berdua kena 100rb.

Abis makan kita lanjut lagi, gantian ivan yg nyetir. Tiba2 lewatin sign tulisan air terjun madakaripura, ke arah kanan. Padahal tadinya itin buat ke madakaripura tuh besok, tp krn ini baru jam 3 jadi kita langsung gas aja ke air terjun madakaripura. Ternyata kita salah jalan, yg ditunjuk google itu spot bener2 dr atas air terjunnya. Penduduk lokal nyuruh kita puter balik dan akhirnya kita sampe di air terjun madakaripura. Pas turun dari mobil kita ditawarin tour guide 170rb untuk berdua, berikut ojeg pp ke spot air terjunnya. Jalur ojegnya lumayan jauh soalnya 4km an gitu.. Terus masih ada path trail lg 2 km menyusuri sungai baru sampe di spot air terjunnya. Tp kita menolak tawaran si tour guide, mahal bgt bro 170rb. Pdhl naik ojeg cuma 10rb, pp 20rb, berdua cm kena 40rb. Tiket masuk tempat wisata klo ga salah 10rb seorang. Lalu kita hrs jalan lagi 2km sekitar 30 menit buat nyampe di air terjunnya. Beli raincoat 10rb atau bawa sendiri ya klo mau ksini
 Soalnya air terjunnya kyk hujan. Ga mungkin ga basah kalo ksini. Kaki juga pasti nyemplung air sebatas betis, super licin, hati2.
Air terjunnya emang tinggi bgt dan tebingnya emang bagus bgt sih, pantesan orang bela2in kesini pdhl akses nya super sulit. Pas kita keluar dari gerbang, jam sudah menunjukkan pukul 5 sore, uda mulai gelap kalo di bromo. Sunsetnya uda di horizon gitu.
Total damage ke air terjun madakaripura
Ojek per orang 20rb
Tiket masuk 10rb (lupa)
Raincoat 10rb
Total 40rb

Si ivan makan nasi ayam goreng 12rb
Gw pesen wedang jahe 5rb
Di warung tempat parkir mobil.

Ivan lagi yg nyetir sampe ke hotel kita bromo camp house. Kita nginap 2 malam disini. Pas kita nyampe sono udah jam 6 sore dan uda gelap banget. Tp kita adalah tamu pertama yg nyampe disono, ownernya flexible banget, kita dikasih pilih mau kamar yg mana, bebas. Krn kamar depan lebih gede, si ivan akhirnya milih kamar yg depan.

Kita uda di kontek sama jeep tour driver, bahwa jam 11 malam akan dijemput. Kalo sunrise trip, paling jam stengah 3 berangkatnya, soalnya lokasi hotel bromo camp house ini lumayan dekat sama penanjakan 1 view point, cuma 1 jam.
Tp gw sok ide mau foto milkyway kek di iG iG gitu jd midnight uda harus sampe penanjakan 1.

Sampe hotel gw langsung mandi terus molor2 bentar sampe jam setengah 9, terus kita keluar cari makan dan warung uda tutup semua. Cuma ada 1 warung yg buka, kita pesan mie jawa seharga 15rb.

Abis kelar makan kita kembali ke hotel dan jam 11.30 kita uda dijemput sama driver jeepnya.

Masuk national park bromo tengger semeru, kita bayar tiketnya 70rb gitu untuk mobil dan 2 orang. Pas kita sampe, ga ada orang sm skali, ga ada warung yg buka, di penanjakan 1 bner2 kosong. Nyesel jg sih krn ternyata nemuin galactic core ga segampang itu, walaupun bintangnya banyak bgt. Dan bintang2 tetep keliatan jelas sampe jam 4 pagi. Jd ga ada guna nya sih bela2in midnight gini, akhirnya kita tidur2 ayam di jeep sampe jam 4. Pas jam 4 tuh uda rame bgt, smua warung dan rental jaket uda buka. Oh ya jgn underestimate suhu dingin di bromo ya, ini bukan lembang atau puncak. Apalagi subuh2 gini. Bawa winter coat aja sekalian mendingan. Bawa topi kupluk jg krn anginnya gede. Kepala sakit kalo ga pake.
Terus kita makan indomie kuah seharga 15rb (mahal)
Rental jaket 5rb
Beli topi kupluk 10rb
Glove 5rb
Murah2 bgt ya wkwkw

Pas jam setengah 5 kita naik kembali ke penanjakan 1, bussseeeett rame nya uda kyk nonton konser guysss

Nyari spot foto mesti berantem dulu sumpah, tp view nya emang gg banget sih.

Setelah itu kita turun untuk menuju kawah bromo. Tp gw uda baca2 di internet nih kalo orang turun ke malang biasanya ke kawah dulu baru ke savannah. Krn kita basenya di bromo camp house, jd kita bisa minta si supir buat bawa kita ke savannah dulu baru ke kawah. Perjalanan menuju savannah bagus bgt gan, berasa kyk di planet lain. Pasir hitam, tebing hijau kekuningan, rumput kering berwarna keemasan. Pasir2 yg ketiup angin beterbangan bikin efek dramatis bgt kyk di gurun

Di savannah masi blum terlalu rame, kita bisa foto2 dengan bebas tanpa ada orang lain di background. Mantab. Kyk di scotland aja nih viewnya.

Gw saranin pake google sama masker deh kl mau ke savannah sm kawah. Makan pasir klo gak. Uda kek sandstorm parah pasirnya.

Sampe di kawah kita liat anginnya ud kek badai jd kita males bgt turun wkwkw
Uda aja lgs skip ke hotel balik lgs tepar tanpa mandi dulu.
Bangun2 jam setengah 1 siang terus kita cari makan. Ada warung deket hotel, makan rawon sm minum kena 40rb berdua. Abis itu kita nyari buah biar ga panas dalam, beli apel di alfa mart seharga 24rb untuk 2 apel. Krn hari ini uda ga ada itin, kita cuma santai2 aja d hotel dan tidur siang lg. Kita minta pindah ke kamar yg di belakang soalnya kamar yg depan tempat org2 pd ngumpul gitu jd berisik. Di belakang enak sunyi senyap.

Jam 8 malam kita balik lg ke warung ibu itu dan memesan capcay, sate ayam dan lele goreng. Minumnya wedang jahe lg hehe enak malem2 dingin2. Total 60rb.

Balik hotel, nonton natgeo wildlife, jam setengah 11 uda ngantuk bgt krn kmrn nya begadang. Lagian besok pagi mau turun ke malang. Dah bosan si ivan di bromo ga ada aktifitas. Harusnya nginap di bromo semalam aja tp minta late check out, siang sepi banget kok itu hotel, tamu2 baru pd cek in jam 7 ke atas biasanya.. Jd pasti dikasih late check out, bayar lebihan aja. Jd ada waktu buat tidur siang dulu abis sunrise trip. Soalnya kalo nyetir ngantuk2 kan bahaya.

Besok paginya jam 7 uda seger bgt. Ajaib mennn. Langsung mandi dan check out. Diluar ada grup tante dan om yg baru mau berangkat jeep tour. Uda ada 2 jeep nungguin di hotel. Jadi kyny ni grup ga liat sunrise, jd jam 8 baru mau jalan. Sbnernya sunset bromo jg bisa jadi alternative sih, jd perginya siang sampe sore. Nginapnya di malang aja ga usa di bromo, lebih bnyk mainan d malang. Kalo di bromo jam 8 malem uda tutup semua warungnya, sepi bgt...

Perjalanan menuju Malang lebih lama dr yg dibilang GoogleMap. Akhirnya kita nyampe Jatim Park 2 menjelang jam 12 siang, langsung kita beli tiketnya pake boarding pass AirAsia. Dapet diskon 20%. Satu boarding pass bisa buat 2 tiket. Harga tiket Secret Zoo + Museum Satwa 120rb normalnya, krn kita dapet diskon 20%, jadi cuma 96rb gitu..

Ini Zoo terlengkap yg pernah gw lihat dlm hidup gw (gw baru ke safari cisarua doang sih sama ragunan wkwkw) Hewan2 import yg ga pernah gw liat di dunia nyata , ada semua disini. Terus di dalem tu ga cuma ada hewan-hewan aja, tapi juga ada wahana-wahana kecil-kecilan kayak Dufan, tapi versi kecilnya gitu. Dan itu semua gratis! Ada rumah hantu, Tram buat ngasih makanan ke hewan-hewan gitu. Jadi kita naik tram terus nanti kita bisa beli wortel, sebungkusnya 10rb buat dikasih makan ke rusa-rusa yang bakal ngerumunin kita pas tramnya lewat.

Gila Zoo nya gede banget, ga abis-abis diputerin. Jam 12, 2 dan 4 ada show Singa Laut di dalam zoo, itu juga gratisss hhaahah gw demen banget dah ini zoo. Serba gratis !
Kita nonton yg jam 4, kelar dari nonton show, uda hampir jam 5, kita cari pintu keluar ehh ketemu refleksi 15rb 10 menit. Ternyata udah tutup kata si abangnya, terus abangnya kasih kita nomer telepon. Katanya, bang kalo mau panggil saya ke hotel bisa kok. Di sms aja kesini okee, harganya 75rb 90 menit (duh murah bingitzzz)

Abis itu kita langsung kepikiran kalo malem nanti mau panggil dia ke hotel. Enak parah kali ya, abis jalan seharian terus mijit di hotel. Keluar dari Zoo, kita melipir ke Museum Satwa, di papannya sih tulisnya jam 5 tutup, tapi untung masih buka.
Di dalamnya banyak hewan-hewan yg sudah mati terus diawetkan, tapi bagus banget gan kayak real banget, pose-posenya benar-benar hidup. Hewannya kayak lagi in-action gitu. Backgroundnya juga gak ngasal, di painting sebagus mungkin, propertynya juga real banget sesuai habitatnya masing-masing.

Overall, ini zoo terbagus yang pernah gw datangi, tiket 96rb buat masuk tempat ginian? Worth banget. Very recommended.

Samara Hotel and Resort, 400rb worth banget, kamar bagus dan luas, sunyi senyap, sarapan buffet lengkap.

Abis dari Museum Satwa, kita pulang nyetir mobil ke Samara Hotel and Resort. Cuma 2 menit dari Jatim Park. Sampe di hotel menjelang jam 6, kita mandi dan istirahat sebentar. Jam 7 kita capcus ke Batu Night Spectacular. Kita beli yang 60rb (Include Voucher makan 13rb, minum 2rb, dan Free masuk 2 wahana). Sambil makan, gw suruh ivan buat sms si abang pijetnya, suruh dia datang ke hotel jam 10 soalnya kita mau muter-muter di BNS dulu dan main wahana. Harga makanan di BNS kisaran 20rb-30rb, tapi porsinya kecil banget.

Setelah makan kita jalan-jalan dan masuk Witch Castle. Jadi ceritanya itu rumah penyihir, di dalem ada nenek sihir lagi bikin ramuan, tengkorak main piano, foto canvas yang bisa berubah wujud, dll.
Abis itu kita main tembak-tembakan laser, sayang sekali tembakannya ga jelas, ada yang nyala ada yang nggak.

Pulang ke hotel, si bapak-bapak tukang pijit udah di lobby sama istrinya yang tukang pijit juga. Mantap jayaaa mijitnya enak banget. Abis mijit langsung molor enak banget gan.

Keesokan harinya bangun jam 8.30, santai-santai karena perjalanan ke Juanda cuma butuh waktu 2 jam, dan pesawatnya jam 14.30, jadi nyampe Juanda jam 1 juga masih santai. Sekitar jam 10.15 kita jalan beli souvenir keripik apel dan minuman jus apel, per boxnya isi 40 harganya 40rb.
Enak lagi. Tapi cuma beli  se box soalnya bawanya berat. Karena sarapannya buffet, kita gak makan siang lagi, tapi cuma makan pop mie di airport, dan berakhirlah trip kita kali ini.

Rangkuman Budget (per orang, jadi biaya hotel,mobil dan bensin udah dibagi 2)

Tiket AirAsia Jkt-Sby 600rb
Tiket BNS 60rb
Panggil tukang pijit 75rb

Total 3375.000

Kalo mau murah, Langsung Jakarta - Malang - Jakarta aja pesawatnya, dari situ kalau anda peginya rame-rame, sewa jeep sunrise tour/sunset tour dari Malang ke Bromo paling cuma 900rb per jeep. 1 Jeep bisa ber 6
Kalo perginya cuma sendiri atau berdua, ikut Open Trip aja di Trav*l*ka cuma 275rb-300rb per orang. Jadi uda bisa coret budget mobil, bensin dan Jeep milkyway diatas. Malang kecil banget, dari hotel ke BNS cm 3 menit, ke Jatim Park cm 2 menit. Naek Taksi onlen aja kemana-mana paling cuma 12 ribu.

Popular posts from this blog