Pengalaman Apply Schengen Visa via VFS Denmark

Ini semua berawal dari tahun 2012...
Ketika saat itu gw lagi lihat video aurora di youtube, aduh! bagus banget ya aurora, jadi pengen lihat...
Lalu gw langsung google "Which country can see aurora" azeekkk wkwkwkwk..lalu keluarlah artikel yang gw pencet, 5 countries to see aurora borealis : Norwegia, Finlandia, Alaska , Canada dan Iceland. Terus gw research sebentar, Norwegia di ibukotanya (Oslo) gak bisa lihat aurora, harus ke utara ke daerah Tromso, wah pasti mahal lagi transportnya dan harus nginap di antah berantah pastinya lebih mahal. Finlandia juga sama, ibukotanya (Helsinki) terlalu selatan buat ngelihat aurora. Alaska darimanapun bisa lihat aurora sih, tapi kalo Alaska berarti gak nge unlock negara baru. Canada luas banget dan uda pernah ke Canada juga jadi ga unlock negara baru. Canada terlalu luas, dari tempat wisata satu ke wisata lain jauh banget dan harus mainnya di daerah utara baru bisa lihat aurora, alias di antah berantah, bukan di ibukotanya. Kayaknya paling efektif di Iceland deh, soalnya dari ibukotanya pun (Reykjavik) uda bisa lihat aurora, ga perlu ke antah berantah.

Impian gw dari 2012 pun akhirnya terwujud juga di tahun ini (2018) hehehe
Tadinya sempet pengen suruh ivan (suami gw) bikin SIUP dulu, biar pasti di approve, tapi orang pemerintahnya minta 7juta buat bikin SIUP, itupun udah gw iya-in dan jadinya lama banget ga jadi-jadi. Gw tungguin 2 bulan ga jadi juga. Untung belom bayar. Akhirnya nekat tanpa SIUP, suruh temen bikinin surat keterangan kerja dan cuti. Kita apply lewat dwidaya tour, karena setelah gw hitung-hitung malah lebih murah lewat Agent loh daripada apply sendiri. Negara terlama yang akan kita kunjungi adalah Iceland, jadi kita harus apply via Iceland. Tapi berhubung di Indonesia ga ada embassy Iceland, diwakilkan oleh Denmark. Jadi kita apply lewat VFS Denmark.

Biaya kalo apply sendiri :
Bayar VFS 900 rb
Admin Fee 260 rb
Dummy Flight Booking di internet 300 rb
Medical Insurance di internet 300 rb
Total : 1760 rb

Biaya lewat Dwidaya :
1.4jt bayar ke Dwidaya, sudah di cover buat biaya VFS dan admin Fee, Dummy Flight Booking gratis dibuatin.
Medical Insurance 200rb per orang , ambil plan yg couple. Per couple 400rb jadi per orang 200rb aja.
Total : 1600 rb

Sebenarnya gw agak bingung kenapa orang-orang bilang apply sendiri aja visa biar lebih murah. Iya lebih murah kalo situ minta agent bikinin dummy flight ticket, soalnya sebenernya itu gratis. Orang Dwidaya nya juga kemarin bilang gratis, cuma malu lah masa minta gratis terus kita ga bikin sama dia? Wkwkwkwk anjay

Terus abis siap-siapin semua dokumen, gw tanya ke mbaknya, mbak uda ada yang pernah ditolak?
Terus mbaknya jawab, selama ini sih yang lewat saya 100% lolos ya kak.
Wah
Semoga rekornya bertahan terus ya mbak, dalem hati gw bilang wkwkwk

Dokumen yang gw kasih :
1. Copy KTP
2. Copy KK
3. Copy Akte Lahir
4. Copy Marriage Certificate
5. Paspor yang expired nya masih diatas 6 bulan, halaman yg ada stempel gw fotocopy semua. Paspor lama juga kalo ada stempel lampirin aja semua.
6. Copy Green Card (kebetulan gw PR mamarika, dibikinin mami waktu itu)
7. Surat Keterangan Kerja suruh temen bikin wkwkw
8. Surat Keterangan dari suami ceritanya dia yg biayain semua, cuma cuap2 terus tanda tangan
9. Copy Rekening 3 bulan terakhir (saldo mendingan diatas 50jt per orang deh biar aman. Banyak yang bilang saldo 10jt aja diterima dll, biarin kalo mau resiko silakan wkwkw. Disini gw lampirin rekening gw dan ivan 22nya biar lebih legit. Di rekening gw ada dana gendut tiba-tiba masuk gara-gara auto transfer dari website freelance gw, dan itu ga jadi masalah. Jadi ga usa panik ya gan kalo agan ada dana gendut kluar masuk, wajar banget kalo bisnis.)
10. Copy Bilyet Deposito
11. Surat Referensi dari Bank, minta ditulis juga saldo saat ini dan deposito yg dipunya.
12. STNK atas nama sendiri
13. Copy Credit Card, ada berapa jg copy aja kasih semuanya
14. Certificate of Earning dari website Freelance gw
15. Copy SIM A , kagak diminta cuman gw kasih aja semua dah.
16. Akta Domisili Usaha, si ivan ada toko cuma ga ada SIUPnya , jadi lampirin aja Akta Domisilinya.
Kalo agan punya sertifikat tanah, rumah, apartment dll atas nama agan, copy semua.
Disini gw ngaku freelancer.
17. Itinenary yg gw kasih lengkap beserta tempat-tempat yang bakal gw kunjungi hari itu dan kota tempat kita bermalam (cocokin tiap kota sama bookingan hotel dummy nya ya)

Setelah submit semua dokumen ke Dwidaya, kita bayar, terus pihak dwidaya bikinin appointment buat kita. Waktu itu dapet jadwal tanggal 29 Agustus. Dateng pake kemeja, celana panjang dan sepatu ke VFS di Mall Kuningan City, jam 9 an gw sampe sana dan disuruh langsung cari Bapak siapa gitu gw langsung dianterin masuk ruangan interview gitu.

Di dalem udah rame, banyak kursi buat nunggu. Loketnya dibagi-bagi menurut negaranya.
Loket Belanda di ujung, paling rame applicant nya, kalo tempat gw apply, via loket Denmark, sepi banget cuma kita yg duduk disitu wkwkwk. Kita langsung dianter ke mbaknya, disuruh tanda tangan gitu terus nunggu 15 menitan lalu dipanggil masuk ke ruangan kecil untuk foto dan scan sidik jari.
Proses foto sama sidik jari cuma 2 menit aja, ga ditanya apa-apa dan udah bole langsung pulang.

Katanya si Dwidaya, paspor bisa diambil 2 minggu dari tanggal biometrik.
Selama nunggu ini gw cuma bisa liat-liat skyscanner, berharap harganya ga naik di tanggal 17 Okt dan pulang tanggal 31 Okt. Ga bisa beli juga takut ga di approve kan visanya, apalagi ini perdana gw bikin visa Schengen.

Tanggal 11 gw WA dwidaya nya lagi, gw tanya apakah udah jadi Schengen Visanya, dia bilang belom. Duh padahal udah 2 minggu. Tiba-tiba tanggal 14 September si mbak Dwidaya nge WA , tanpa basa basi dia langsung kirim foto Visa gw dan Ivan. Langsung loncat-loncat deh gw dan mulai booking-bookingin tiket pesawat dan hotel.

Jadi buat agan-agan yang ga punya SIUP, tapi buka usaha sendiri, ga usah takut. Minta surat keterangan kerja aja dari temen atau saudara, bilang gajinya diatas 10 jt, udah bekerja disana 2 tahun ++ dan tetap lampirkan Akta Domisili Usaha dan semua sertifikat aset yg agan punya dari rumah, tanah dan mobil. Dengan begitu embassy bakal percaya kalo agan punya finansial yg cukup buat membiayai perjalanan dan akan kembali ke Indonesia karena punya pekerjaan tetap yang bagus, usaha sampingan dan aset-aset tersebut. Dan dengan Itinenary yang dibuat sejujur-jujurnya, lengkap dengan tempat-tempat wisatanya akan meyakinkan si embassy kalo agan benar-benar niat buat wisata disana.

Comments

Popular posts from this blog

Bromo & Malang September 2018